Selasa, 08 Maret 2011

BAGAIMANA MENDEKATKAN PASAR PADA PETANI SAYURAN

BPBTPHPACET.COM - Tingginya harga sayuran di tingkat konsumen tidak menjamin sepadannya keuntungan yang diterima petani. Keuntungan terbesar dinikmati pedagang perantara yang membeli sayuran dari petani dan menjualnya langsung ke pasar induk.

Harga cabai yang diterima oleh petani Lembang bila dijual langsung ke pasar induk Caringin-Bandung berbeda 500 hingga 1.000 rupiah/kg dengan harga jual di tingkat konsumen. Bandingkan dengan harga cabai yang diterima petani bila menjual pada pedagang perantara, perbedaannya mencapai 2.000 hingga 3.000 rupiah/kg dari harga di pasar induk.

Bagi petani, membawa sendiri sayuran ke pasar induk tidak langsung menyelesaikan persoalan mereka. Selain transportasi mahal, petani sayuran kesulitan menembus pasar induk. Persaingan pasar yang dikuasai oleh sekelompok pedagang bermodal besar menyulitkan petani kecil untuk masuk pasar dan menjual produk mereka dengan harga yang pantas pada pedagang pasar.

Persoalan di atas dapat diselesaikan dengan mendekatkan petani pada pasar induk sehingga membuka peluang bagi petani untuk dapat bertransaksi secara 'fair'. Kenapa pasar induk? Karena di tingkat pasar induklah petani dapat menerima harga jual lebih layak. Untuk hal ini, kita bisa mencontoh pengalaman Taiwan dalam membangun pasar induk sayuran yang melibatkan petani dalamnya.

Pemasaran sayuran di Taiwan tergolong efisien dengan keuntungan yang terdistribusi merata bagi para pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk petani. Puluhan tahun yang lalu, petani sayuran di Taiwan mengalami persoalan pemasaran yang sama dengan petani sayuran Indonesia sekarang. Keuntungan terbesar perdagangan sayuran diraup pedagang perantara sementara petani merugi.

Mengatasi hal tersebut, Taiwan melakukan beberapa upaya, antara lain 1) mendekatkan petani pada pasar induk; 2) menyediakan fasilitas pasar; 3) membangun sistem informasi pasar.

Sumber: SinarTani.com

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...