Sabtu, 19 Maret 2011

KELOMPOK TANI DI DESA SUKATANI KEMBANGKAN JAMUR

BPBTPHPACET.COM-Setelah sukses pengembangan jamur di wilayah Desa Ciherang, kini BPBTPH terus mendorong kelompok tani di Desa Sukatani untuk mengembangkan jamur. Hal ini sebagai upaya alternatif usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat yang masih bertumpu pada sayuran.

Pengembangan jamur dilakukan pada lahan-lahan yang kurang produktif, sehingga dari lahan tersebut dapat memberikan penghasilan dari jamur tersebut. Sebenarnya secara sejarah jamur di Desa Sukatani sudah lama diusahakan, namun hanya pada petani-petani bersekala kecil.

BPBTPH Kecamatan Pacet terus berupaya mendorong para kelompok tani untuk menggali segala potensi-potensi usaha yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya penyerapan tenaga kerja, penciptaan lapangan kerja ditingkat desa merupakan hal utama yang diperhatikan oleh para petugas BPBTPH Kecamatan Pacet.

Menurut Penyuluh Pertanian Wilayah Desa Sukatani Abdul Sidik, SP.,MMA. Menjelaskan bahwa kelompok tani jamur inti sudah memiliki lebih kurang 36 ribu log untuk diusahakan, dan untuk plasma sedang dirancang ke berbagai kelompok tani lainnya. Sehingga bisa saling mendukung terhadap program ini.

Upaya pelatihan dan bimbingan sangat diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kelompok tani jamur. Khusunya yang kelompok tani jamur wilayah Barukupa Desa Sukatani ini, memang sudah sebagian memahami secara teknis, namun bagi kelompok-kelompok tani lainnya masih perlu ditingkatkan.

Mengenai pemasaran jamur dari Desa Sukatani Kecamatan Pacet, memiliki prospek pemasaran yang sangat luas, pertama dekat dengan pasar Induk Cipanas, ke daerah wisata Puncak dan Cibodas, pasar Induk Cianjur dan bahkan banyak yang datang langsung ketempat kelompok tani jamur. Jadi peluangnya masih luas…

Semoga dengan pengembangan budidaya jamur ini, dapat membantu menyerap pengangguran khususnya yang ada diwilayah pedesaan, para pemuda dapat diberdayakan dan diarahkan, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan memiliki jiwa kewirausahaan.

1 komentar:

Inovatif sekali,...
Semoga bisa berjalan dengan lancar kelompok taninya...dan bisa mengurangi pengangguran khususnya di Desanya....

Mantabss..

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...