Sabtu, 16 April 2011

PENYULUH DI BPBTPH PACET MANFAATKAN CYBER EXTENSION

BPBTPHPACET.COM -Informasi pertanian menjadi salah satu faktor kunci dalam pencapaian keberhasilan program pembangunan pertanian. untuk menyediakan sarana informasi pertanian itu maka Kementerian Pertanian salah satunya mengadakan Cyber Extension.

Tujuan dari pengembangan Cyber Extension ini adalah untuk meningkatkan kinerja para penyuluh pertanian terutama dalam mendampingi petani/ kelompok tani di pedesaan dengan didukung materi penyuluhan yang lengkap, sesuai dengan kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha.
Masa mendatang permasalahan pertanian menjadi semakin kompleks. Seperti yang terjadi saat ini, tingginya laju pertumbuhan penduduk, lahan pertanian semakin sempit dan perubahan iklim global, sementara kita harus menghadapi persaingan di bidang pangan.

Oleh karena itu, cyber extension dikembangkan agar kompetensi penyuluh sebagai jembatan penghubung informasi kepada petani dapat ditingkatkan. Selain meningkatkan produktivitas penyuluh, diharapkan informasi yang diperoleh dari cyber extension ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk-produk pertanian yang berdaya saing dan berproduktivitas tinggi.

Dengan media cyber extension ini diharapkan informasi penyuluhan bisa dikirim secara cepat kepada penyuluh sehingga mereka selalu update dengan informasi-informasi terbaru.

Langkah-langkah yang telah dipersiapkan untuk pengembangan cyber extension ini antara lain, penyiapan sumberdaya manusia melalui penyelenggaraan apresiasi cyber extension bagi petugas pusat dan daerah. Peralatan berupa 1.000 unit computer dan penyiapan sejumlah materi penyuluhan dan pertanian yang disusun oleh para penyuluh pertanian yang ada di pusat.

Website cyber extension telah diluncurkan pada tanggal 13 April 2011, dan dapat di kunjung pada http://cybex.deptan.go.id. Sesuai harapan bapak Mentri Pertanian pada Saat Sambutan peluncuran cyber extension ini yaitu diharapkan pula dapat memanfaatkan Cyber Extension serta sarana dan prasarana komunikasi dan informatika dalam diseminasi informasi dengan mengakses bahan informasi pertanian secara lebih cepat, murah dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...