Senin, 23 Mei 2011

PEMBUKAAN SL GAP WORTEL DI SUKATANI

BPBTPHPACET.COM - Wortel merupakan salah satu komoditas unggulan dari Desa Sukatani Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Karena merupakan suatu unggulan, pertani harus benar-benar bisa menerapkan tata cara penanaman yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan Good Agricultural Practices (GAP).

Atas dasar tersebut, sangat tepat sekali pemerintah Kabupaten Cianjur dalam hal ini adalah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur menyalurkan program pada sentra komoditas unggulan wortel seperti di Desa Sukatani.

Isu-isu yang mengharuskan petani memahami tentang penerapan GAP adalah, karena sudah diterapkan era perdagangan bebas yang sekarang melanda negara ini.

Adapun waktu pelaksanaan SL GAP Wortel adalah hari Senin (23/05/2011) yang bertempat di kebun kelompok tani Giri Manis Desa Sukatani Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur mulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 14,00 WIB pada kordinat 6o44’41.639 “S – 107o01’20.282 “E dengan HAE 1,303.82 m.

Hadir pada kesempatan tersebut dari Dinas Pertanian Kabupaten Ir. Mohamad Sobur (Kepala Seksi Bina Sarana Produksi Tanaman Hortikultura), Solihin, STP (Kepala Seksi Bina Perlindungan Tanaman Hortikultura), Kepala Balai (Toni) dan seluruh penyuluh pertanian Kecamatan Pacet. sedangkan peserta sekolah lapang sebanyak 14 orang.

Menurut PPL Desa Sukatani Abdul Sidik, SP.,MMA. “Harapan dari program sekolah lapang GAP Wortel ini adalah, agar petani mampu memahami dan bisa menerapkan teknik-teknik penanaman wortel yang sesuai dengan anjuran GAP untuk menuju persaingan di pasar global”. Sekolah lapang ini akan dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dimana 4 kali dibiaya oleh program pemerintah dan 4 pertemuan dilakukan oleh swadaya kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...