Kamis, 15 September 2011

PETANI CIPENDAWA, SUKSES TANGKARKAN KENTANG

BPBTPHPACET.COM – Kentang merupakan salah satu komoditas yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan lonjakan harga dan permintaan tertinggi umumnya pada saat menjelang hari-hari raya, seperti hari raya Idul Fitri kemarin.

Ditengah tingginya permintaan terhadap kentang ternyata di Kecamatan Pacet khususnya di Desa Cipendawa, memiliki seorang petani yang sudah berhasil menjual kentang ke berbagai pasar seperti ke Jakarta, Bogor, Bandung maupun yang tingkat lokal seperti Pasar Cipanas, Pasar Induk Cianjur dan yang lainnya.

Petani tersebut adalah salah satu petani yang tergabung dalam gabungan kelompok tani “Multi Tani Jaya Giri” berliau akrab disapa “Kang Hendar” ini memiliki latar belakang dari Tukang Ujek, namun sekarang sukses memproduksi kentang. Selain itu beliau juga sukses menjadi penangkar kentang, sehingga banyak para petani baik dari wilayah Cianjur maupun dari luar cianjur yang minta dikirim benih khusus hasil penangkaran beliau.

Produksi penangkaran bibit kentang yang beliau produksi mencapai kurang lebih 10 ton per satu kali produksi. Menurut beliau dengan produksi tersebut permintaan terhadap bibit atau pun produk kentang belum bisa terpenuh secara keseluruhan, sehingga  alternatifnya memperluas kerjasama dengan para petani di luar Desa Cipendawa, misalnya kerjasama dengan petani dari Desa Sukatani, Ciputri dan Ciherang.

Dari kesuksesannya tersebut Gapoktan yang beliau rintis mendapatkan berbagai kunjungan dari beberapa intansi, mulai dari perguruan tinggi (IPB, UNPAD, UNILA, UGM, dll), LSM, bahkan minggu-minggu sekarang akan mendapatkan kunjungan dari Mentri Kementrian Pemuda dan Olah Raga tepatnya tanggal 21 September 2011.

Bagi para pembaca yang mengharapkan informasi lebih lanjut silahkan dapat segera menghubungi admin website ini, atau silahkan berkomentar di “buku tamu”. 

1 komentar:

SUKSESKAN PERBENIHAN KENTANG DALAM NEGERI

www.indopotato.webs.com

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...