Jumat, 16 Desember 2011

REGISTRASI KEBUN DI DESA CIHERANG

BPBTPHPACET.COM – Seperti diatur dalam Permentan Nomor 62/ Permentan/ OT.140/ 10/ 2010 tentang tatacara penerapan dan registrasi kebun/ lahan dalam budidaya buah dan sayur yang baik. Petugas dari BPBTPH Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, terus mendorong para petaninya untuk melakukan registrasi sebun sebagaimana yang dijelaskan dalam Permentan tersebut.

Pada hari Kamis (15/12) kemarin, Koordinator PPL dan Kepala Balai BPBTPH Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, mendampingi petugas dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat yang sedang memverifikasi lahan/kebun petani di Desa Ciherang.

Menurut Kepala Balai BPBTPH Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Bapak Toni menjelaskan bahwa RegistrasiKebun/Lahan Usaha Registrasi kebun/lahan usaha GAP adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada produsen buah dan sayur yang telah menerapkan prinsip-prinsip GAP, Standar Operasional Prosedur (SOP), Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dan telah melakukan pencatatan.

Tujuan registrasi kebun/lahan usaha adalah menyiapkan persyaratan sistem jaminan mutu, mempermudah proses telusur balik, mendorong percepatan akses pasar, dan meningkatkan mutu dan keamanan pangan. Tata cara registrasi kebun/lahan usaha buah dan sayur mengacu pada Permentan Nomor 62/Permentan/OT.140/10/2010 tentang Tatacara Penerapan dan Registrasi Kebun/Lahan Usaha dalam Budidaya Buah dan Sayur yang Baik.

Kemudian menurut koordinator PPL Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Bapak Abay Syahban Hidayat, SP. Menjelaskan bahwa yang sekarang diregistrasi adalah kebun petani yang ada di Desa Ciherang, registrasi kebun ini merupakan sudah kesekian kalinya dilakukan di Desa Ciherang, sebagai upaya tindak lanjut dan pelaksanaan hasil sosialisasi tentangGAP dan registrasi kebun yang telah dilaksanakan oleh Kantor BPBTPH Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur yang waktu itu bekerjasama dengan Dinas Provinsi Jawa Barat.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...