Minggu, 11 Desember 2011

ANALISA HARGA SAYURAN MINGGU PERTAMA BULAN DESEMBER

BPBTPHPACET.COM – Mulai Bulan Desember 2011 ini, kami dari Kantor BPBTPH Kecamatan Pacet bekerjasama dengan petugas PIP Sub Unit Cipanas yang berkantor di dekat STA Cigombong, akan menghadirkan informasi harga sayuran secara kontinu setiap minggunya disertai dengan analisa harga.

Adapun komoditas yang termasuk dalam pengumpulan data harga setiap minggunya adalah; Kol Gepeng, Bawang Daun, Wortel, Seledri, Labu Siam, Caisin, Buncis, dan Cabe Merah Keriting.

Berikut harga komoditas tersebut di atas, mulai tanggal 5 Desember 2011 sampai dengan 9 Desember 2011.

Komoditas
Harga (Rp)
Minggu ini
Minggu Lalu
Kol Gepeng
2960
2560
Bawang Daun
3360
2610
Wortel
3380
2520
Saledri
11000
10300
Labu Siam
300
310
Caisin
1870
1380
Buncis
1020
1000
Cabe M. Kriting
24200
20000

Analisis Terhadap Bawang Daun:

Luas panenan di beberapa Desa di Kecamatan Pacet, Sukaresmi, Warungkondang, Cugenang, Cipanas tiap minggu  terus  menurun, pasokan  dari Kabupaten Majalengka dan Bandung mingu ini berhenti karena di Kabupaten tersebut harganya lebih mahal dengan STA Cigombong, mengingat luas panenan di Kabupaten  tersebut  terus menurun mengakibatkan suplai barang kurang,sedangkan permintaan beberapa pasar  kosumsi  di perkotaan  tinggi karena kekosongan pasokan dari Kabuipaten lain, perkiraan minggu yang akan datang menurut nara sumber komoditi tersebut masih akan mengalami kenaikan lagi.

Analisis Terhadap Wortel:

Permintaan  pasar  kosumsi  minggu ini terus naik karena suplai barang dari Kabupaten Garut,Sukabumi, Bandung Barat,Majalengka,Bandung,  Jawa tengah,Jatim dan lampung berkurang,luas panenen di wilayah kerja kami ( Cianjur ) juga terus menurun,perkiraan  minggu yang akan datang kalau melihat luas panenan dan  pasokan  dari luar Kabupaten  kami maka harga komuditi tersebut masih akan mengalami kenaikan lagi.

Analisis Terhadap Caisin:

Arus suplai barang dari Kabupaten Sukabumi, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Subang, Bandung Barat, Bogor,  ke beberapa  pasar kosumsi di perkotaan minggu ini berkurang, sedangkan permintaan beberapa pasar  kosumsi  ke Cipanas terus naik tetapi  suplai  barang berkurang karena luas panenan di beberapa Desa  di Kecamatan  Cugenang, Gekbrong, Cipanas, Warungkondang, Cipanas, Sukaresmi, Pacet menurun, perkiraan minggu yang akan datang setabil/naik.

Analisis Terhadap Cabe Merah Kriting:

Menurut keterangan nara sumber minggu ini pasokan dari Kabupaten Garut, Sukabumi, Sumedang, Bogor Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, Bandung  Barat, Subang, Banjar, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur  minggu  ini  berkurang,sedangkan permintaan naik karena kekurangan pasokan dari Kabupaten lain, perkiraan  minggu  yang  akan  datang  kalau  pasokan dari kabupaten lain terus menurun maka harga tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kenaikan lagi.

Demikian Informasi harga dan analisa harga sayuran untuk minggu ini. Semoga menjadi bahan pertimbangan dan dapat bermanfaat bagi seluruh pengunjung Website BPBTPH Kecamatan Pacet.

Informasi ini Kerjasama antara Kantor BPBTPH Kecamatan Pacet dengan Petugas PIP Sub Unit Cipanas. Bila anda ingin mendapatkan informasi harga yang lebih rinci dapat segera menghubungi kami via kontak yang tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...