Selasa, 17 Mei 2011

INOVASI PENYULUHAN EFEKTIF DENGAN SAUNG TANI

BPBTPHPACET.COMKegiatan penyuluhan perlu sentuhan-sentuhan yang inovatif agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat tani. Sehingga informasi-informasi yang ingin disampaikan benar-benar tepat sasaran.

Berdasarkan hal tersebut, petugas penyuluh pertanian (THL TBPP) Desa Sukatani Kecamatan Pacet (red: Abdul Sidik, SP.,MMA) membuat inovasi penyuluhan efektif dengan mengaktifkan saung tani. Sehingga kegiatan penyuluhan dapat langsung dilakukan dikebun petani. Sehingga mempermudah petani dalam memecahkan segala permasalahan.

Antusias petani pun cukup tinggi, sehingga ketika petugas penyuluh pertanian mengungkapkan ide minggu berikutnya petani sudah membuatnya dengan cara swadaya. Menurut salah satu kelompok tani yang sedang membuat saung tani yaitu kelompok tani Girimanis (red: Bapak Apip Hermawan/ Ketua Kelompok Tani) dia merasa senang kegiatan penyuluhan dilakukan langsung dikebun petani, selain mengatasi kesulitan penyesuaian waktu yang biasanya harus dilakukan sore hari karena petani harus bekerja dulu. Juga dengan langsung dilapangan petani dapat langsung menanyakan masalah-masalah yang sedang dihadapi dikebunnya.

Semoga dengan saung tani tersebut kegiatan penyuluhan dapat dilakukan dengan efektif dan tuntas sehingga tujuan penyuluhan yaitu merubah perilaku, sikap dan keterampilan petani dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...