Kamis, 08 September 2011

PETANI KECAMATAN PACET KESULITAN AIR

BPBTPHPACET.COM - Salah satu kebutuhan pokok untuk budidaya sayuran adalah air, namun dengan kemarau yang sangat panjang ini petani sangat kesulitan dalam mendapatkan air. Bahkan yang jauh dari sumber air terpaksa harus berbagi secara bergilir dengan rekan-rekan petani di wilayah tersebut.

Kesulitan air tersebut terasa oleh petani di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, menurut pantauan kami dari beberapa petugas yang ada diseluruh desa di Kecamatan Pacet, kekeringan tersebut sangat sulit dipecahkan, walaupun sudah ada bantuan yang diberikan kepada petani untuk perbaikan irigasi, namun kalau irigasi atau sumber air-nya yang kering tentu tidak bisa dimanfaatkan.

Menurut Bapak Idan petani dari Desa Ciputri menjelaskan bahwa dia harus berbagi dengan rekan-rekannya sampai “ngaboyor” (red: menyiram) kebun tersebut dilakukan sampai jam 8-11 malam. Ini tentu menjadi kendala, sehingga bila tidak dipecahkan maka usaha tani petani dibidang sayuran yang menjadi tumpuan hidup ini, akan rugi terus.

Semoga ada solusi terbaik, dan yang terpenting kita berdoa kepada Allah SWT, agar memberikan hujan untuk keberkahan usaha tani, para petani di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Amin… 

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...