Kamis, 26 Mei 2011

GAPOKTAN ANGSANA MEKAR CIBODAS AJUKAN ALSINTAN HAND TRAKTOR

BPBTPHPACET.COM - Salah satu sarana produksi yang penting dan strategis dalam mendukung keberhasilan buidaya tanaman padi adalah alat dan mesin pertanian (Alsintan). Peranan alat dan mesin pertanian dalam sistem budidaya tanaman menjadi sangat penting karena tuntutan perkembangan teknologi. Penggunaan alat dan mesin pertanian yang tepat dan layak pakai akan meningkatkan dayaguna dan hasil budidaya tanaman, pendapatan petani serta menunjang kelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan), yang bersifat labor saving technology, dirasakan telah menggeser penggunaan tenaga manusia dan ternak. Mesin-mesin pertanian mempunyai hubungan saling mengganti (substitusi) dengan manusia dan bersifat komplemen terhadap lahan. Kedua sifat hubungan tersebut sangat jelas terlihat pada usahatani padi di Indonesia. Sebagai contoh, penggunaan hand tractor dan power threser sebagai pengganti tenaga manusia dan ternak.

Berdasarkan hal tersebut pengurus gabungan kelompok tani Angsana Mekar Desa Cibodas mengajukan alat dan mesin pertanian berupa hand traktor. Dengan tujuan untuk; memberikan pengetahuan pada anggota tentang pentingnya efisiensi tenaga kerja dengan pemanfaatan alat mesin pertanian berupa traktor untuk pengolahan tanah sawah. Mengurangi biaya tenaga kerja waktu pengolahan tanah. Meningkatkan produktivitas usaha padi sawah. Meningkatkan pendapatan usaha tani padi sawah khususnya di wilayah Desa Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Menurut Ketua Gapoktan Enung Apandi, “alsintan sangat diperlukan, sehingga kedepan permasalahan yang dihadapi terutama saat pengolahan tanah dapat segera teratasi, selain itu pengelolaan alsintan akan dilakukan dengan sistem unit pelayanan jasa alsintan” semoga ajuan tersebut dapat segera teralisasi.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...