Kamis, 09 Juni 2011

BIMBINGAN TEKNIS GRADING DAN PACKING HOUSE SAYURAN

BPBTPHPACET.COM - Penanganan pasca panen yang baik dan benar ditingkat petani perlu terus disosialisasikan, sehingga kedepan petani mampu bersaing ditingkat pasar yang semakin terbuka.

Berdasarkan hal tersebut Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur melalui Bidang Bina Usaha Tanaman Pangan dan Hortikultura, menyelenggarakan bimbingan teknis Grading dan paking house sayuran di Kabupaten Cianjur.

Acara tersebut, diikuti oleh 40 orang, dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Pacet dan Kecamatan Takokak, adapun kelompok yang mengikuti dari Kecamatan sebanyak 2 kelompok yaitu Cemerlang dan Mandiri dimana masing-masing kelompok sebanyak 6 orang. Sedangkan dari Kecamatan Takokak sebanyak 1 kelompok. Adapun petugas dari Kecamatan Pacet yang mengikuti kegiatan ini adalah Kepala Balai (Toni) dan koordinator penyuluh pertanian (Abay Syahban H., SP).

Adapun  yang menjadi pemateri adalah dari Kepala Bidang Bina Usaha Kabupaten Cianjur. Ir. Henny Iriani Winata yang menjelaskan tentang Kebijakan pasca panen sayuran, Ujang Majudin (Pengusaha Sayuran) mengenai pemasaran melalui Sub Terminal Agribisnis Cigombong dan Santoso (Pengusaha sayuran) mengenai mutu hasil.

Tempat acara dilakukan di ruang pertemuan Rindu Alam 3 yang dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 14.30. Harapan dari penyelenggara adalah dengan adanya bimbingan teknis ini, para petani dan pengusaha sayuran dari Kecamatan Pacet dan Takokak bisa bersinergi dalam meningkatkan kualitas penanganan pasca panen sayuran untuk bersaing dipasar bebas.

0 komentar:

Posting Komentar

Dukung Kami untuk Melayani dengan TUNTAS dengan menyampaikan Pesan, Komentar, Kritik dan Saran yang Membangun. Kami sangat menghargai Anda...